SILABUS
Nama Sekolah : SMK Negeri 1 Cilacap
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Musik)
Program Keahlian :
Kelas : X
Semester : 1 (Satu)
Alokasi waktu : 40 Jam (40 x 45 Menit)
Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni musik
KOMPETENSI DASAR | MATA PELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER/BAHAN/ALAT |
· Mengidentifikasi fungsi dan latar belakang music tradisional dalam konteks budaya masyarakat setempat. | Music tradisional Nusantara · Karya-karya music tradisional Nusantara Makna music tradisional Nusantara Peranan music tradisional Nusantara. Contoh music tradisional Nusantara » Lagu “Kampuang nan Jauh di Mato” (Sumatra Barat), alat musiknya yang terkenal “Telempong” : percampuran antara alat music daerah dengan alat music barat Lagu “Pakarena” (Sulawesi Selatan) dengan alat musiknya “Genrang Bulo” dan music Bugis “Idiokordo” | Berdiskusi secara kelompok dan perorangan : · Mengidentifikasikan music tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat § Mengidentifikasikan makna music tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya § Mengidentifikasikan peranan music tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya · Bernyanyi dan bermain alat music karya music tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya | · Mengidentifikasikan karya music tradisional Nusantara § Mengidentifikasikan makna music tradisional Nusantara § Mengidentifikasikan peranan music tradisional Nusantara | Jenis tagihan Perorangan, Kelompok, Bentuk Tagihan » Presentasi » Laporan Tertulis | 8 jam pelajaran | · Buku-buku Seni Budaya (Seni Musik) · Kumpulan lagu-lagu tradisional Nusantara · Alat Musik : » Gitar » Organ · Tape, laptop, LCD. |
KOMPETENSI DASAR | MATA PELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER/BAHAN/ALAT |
· Menunjukkan nilai-nilai dari pengalaman musical yang terkandung pada music tradisional Nusantara | Tanggapan terhadap Music tradisional Nusantara · Keunikan / karakteristik karya musik tradisional Nusantara Jenis alat music tradisional Nusantara Syair lagu karya music tradisional Nusantara Contoh » Lagu “Kampuang nan Jauh di Mato” (Sumatra Barat), alat musiknya yang terkenal “Telempong” : percampuran antara alat music daerah dengan alat music barat » Lagu “Pakarena” (Sulawesi Selatan) dengan alat musiknya “Genrang Bulo” dan music Bugis “Idiokordo” | · Mengidentifikasikan karakteristik / keunikan karya Music tradisional Nusantara · Menjelaskan keunikan Music tradisional Nusantara · Menjelaskan teknik memainkan alat Music tradisional Nusantara · Menjelaskan syair lagu tradisional Nusantara ke dalam bahasa · Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat music karya Music tradisional Nusantara secara kelompok dan perorangan | · Mengidentifikasikan karakteristik / keunikan karya Music tradisional Nusantara · Mengidentifikasikan keunikan jenis-jenis alat Music tradisional Nusantara · Mengidentifikasikan alat music mengiringi lagu tradisional Nusantara | Jenis tagihan Perorangan, Kelompok, Bentuk Tagihan » Presentasi » Laporan Tertulis | 8 jam pelajaran | · Buku-buku Seni Budaya (Seni Musik) · Kumpulan lagu-lagu tradisional Nusantara · Alat Musik : » Gitar » Organ » Alat music tradisional · Tape, LCD, laptop |
Standar Kompetensi : 2. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
KOMPETENSI DASAR | MATA PELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER/BAHAN/ALAT |
· Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir lagu dengan beragam teknik, media, dan materi music/lagu tradisional daerah setempat. | Karya music berdasarkan gagasan Music tradisional Nusantara · Teknik-teknik mengaransir / merancang karya Music tradisional Nusantara ·Prosedur mengaransir / merancang karya Music tradisional Nusantara ·Apresiasi hasil karya mengaransir / merancang music-music tradisional Nusantara Contoh : » Lagu “Kampuang nan Jauh di Mato” (Sumatra Barat), alat musiknya yang terkenal “Telempong” : percampuran antara alat music daerah dengan alat music barat » Lagu “Pakarena” (Sulawesi Selatan) dengan alat musiknya “Genrang Bulo” dan music Bugis “Idiokordo” | · Mengidentifikasikan teknik mengaransir / merancang karya music tradisional Nusantara music tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat ·Mengidentifikasikan makna music tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya ·Mengidentifikasikan peranan music tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya ·Bernyanyi dan bermain alat music karya music tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya | · Mengidentifikasikan teknik mengaransir / merancang karya Music tradisional Nusantara ·Menjelaskan prosedur dan materi yang digunakan ·Mengaransir lagu tradisional Nusantara ·Memainkan alat music mengiringi lagu tradisional Nusantara hasil aransir | Jenis tagihan Perorangan, Kelompok, Bentuk Tagihan » Praktik » Laporan Tertulis | 12 jam pelajaran | · Buku-buku Seni Budaya (Seni Musik) ·Kumpulan lagu-lagu tradisional Nusantara ·Alat Musik : » Gitar » Organ » Alat music tradisional · Tape, LCD, VCD music tradisi Nusantara |
KOMPETENSI DASAR | MATA PELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER/BAHAN/ALAT |
· Menampilkan karya music yang telah diaransir di kelas | Pergelaran Musik · Teknik penampilan music vocal · Teknik penampilan music instrument · Teknik penampiilan music vocal dan instrument hasil aransir | · Mendemonstrasikan bentuk-bentuk penampilan music di kelas · Mendemonstrasikan teknik-teknik penampilan music vocal · Mendemonstrasikan teknik-teknik penampilan music instrument · Bermain alat music hasi aransir dengan teknik yang benar · Bernyanyi dan bermain alat musik dengan teknik yang benar secara perorangan dan kelompok | · Bernyanyi lagu hasil aransir dengan nada yang sesuai · Memainkan music instrumental memainkan lagu hasil aransir dengan teknik yang benar · Memainkan alat music mengiringi lagu hasil aransir dengan teknik yang benar | Jenis tagihan Perorangan, Kelompok, Bentuk Tagihan » Praktik » Laporan Tertulis | 12 jam pelajaran | · Buku-buku Seni Budaya (Seni Musik) · Kumpulan lagu-lagu tradisional Nusantara · Alat Musik : » Gitar » Organ · Tape, LCD, VCD |
Cilacap, Juni 2011
Mengetahui, Guru Mapel
Kepala Sekolah
Drs. Y. Irianto Purwadi, M. Pd Joko Prasetyo, S. Pd
NIP. 19560909 1984031 1 006 NIP. 198602162010011013
SILABUS
Nama Sekolah : SMK Negeri 1 Cilacap
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Musik)
Program Keahlian :
Kelas : X
Semester : 2 (dua)
Alokasi waktu : 36 Jam (36 x 45 Menit)
Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni musik
KOMPETENSI DASAR | MATA PELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER/BAHAN/ALAT |
· Mengidentifikasi makna dan peranan music non tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat | Music non tradisional Nusantara · Karya-karya music non tradisional Nusantara · Makna music non tradisional Nusantara · Peranan music non tradisional Nusantara Contoh : Music non tradisional Nusantara » Lagu-lagu Kroncong » Lagu-lagu Langgam » Lagu-lagu Stambul » Lagu-lagu Pop » Lagu-lagu Wajib Nasional | Berdiskusi secara kelompok dan perorangan : · Mengidentifikasikan karya music non tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat · Mengidentifikasikan makna music non tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya · Mengidentifikasikan peranan music non tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya | · Mengidentifikasikan karya music non tradisional Nusantara · Mengidentifikasikan makna music non tradisional Nusantara · Mengidentifikasikan peranan music non tradisional Nusantara | Jenis tagihan Perorangan, Kelompok, Bentuk Tagihan » Presentasi Laporan Tertulis | 4 jam pelajaran | · Buku-buku Seni Budaya (Seni Musik) · Kumpulan lagu-lagu non tradisional Nusantara · Alat Musik : » Gitar Organ · Tape, OHP, LCD, VCD music tradisi Nusantara |
KOMPETENSI DASAR | MATA PELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | PS | PI | ||||||
· 1. Mengidentifikasi fungsi dan latar belakang musik | · Fungsi musik dijelaskan berdasarkan latar belakang sejarah perkembangannya. · Fungsi musik dibedakan berdasarkan pada tujuan pementasan · Musik dijelaskan manfaatnya dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. | · Fungsi musik dari zaman purba hingga modern · Tujuan pementasan musik · Manfaat musik dalam kehidupan sehari-hari. | · Menjelaskan fungsi musik zaman prasejarah · Menjelaskan fungsi musik zaman klasik · Memutarkan contoh rekaman musik pada zaman klasik dan latar belakang penciptanya · Menjelaskan fungsi musik pada zaman modern · Memutarkan contoh rekaman musik pada zaman modern dan latar belakang penciptanya · Menjelaskan tujuan pementasan musik sebagai hiburan, bisnis, dan amal · memutarkan conto-contoh rekaman pementasan musik sesuai dengan tujuannya. · Manfaat musik dalam perkembangan kecerdasan emosional. · Menjelaskan musik sebagai terapi. · Memutarkan rekaman karya mozart dan menganalisis lompatan-lompatan melodi yang berpengaruh pada kecerdasan manusia. | Jenis tagihan Perorangan, Kelompok, Bentuk Tagihan » Laporan Tertulis » Presentasi | 12 10 10 | | | · Buku-buku Seni Budaya (Seni Musik) · Kumpulan lagu-lagu non tradisional · Alat Musik : » Gitar » Organ · Tape, LCD, VCD |
Cilacap, Juni 2011
Mengetahui, Guru Mapel
Kepala Sekolah
Drs. Y. Irianto Purwadi, M. Pd Joko Prasetyo, S. Pd
NIP. 19560909 1984031 1 006 NIP. 198602162010011013
Standar Kompetensi : 2. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
KOMPETENSI DASAR | MATA PELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER/BAHAN/ALAT |
· Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir / merancang karya music dengan menggali beragam proses teknik, prosedur, media dan materi musik non tradisional Nusantara | Karya music berdasarkan gagasan Music tradisional Nusantara · Teknik-teknik mengaransir / merancang karya Music non tradisional Nusantara · Prosedur mengaransir / merancang karya Music non tradisional Nusantara · Apresiasi hasil karya mengaransir / merancang music-music non tradisional Nusantara Contoh : · Music non tradisional Nusantara » Lagu-lagu Kroncong » Lagu-lagu Langgam » Lagu-lagu Stambul » Lagu-lagu Pop » Lagu-lagu Wajib Nasional | · Mengidentifikasikan teknik mengaransir / merancang karya music non tradisional Nusantara music · Mengidentifikasikan prosedur yang digunakan dalam mengaransir / merancang karya music non tradisional Nusantara · Mengaransir / merancang karya music non tradisional Nusantara · Bernyanyi dan bermain alat music lagu non tradisional Nusantara hasil aransir / rancangan secara perorangan dan kelompok | · Mengidentifikasikan teknik mengaransir / merancang karya Music non tradisional Nusantara · Mengidintifikasikan prosedur yang digunakan dalam mengaransir · Mengaransir lagu non tradisional Nusantara · Memainkan alat music mengiringi lagu non tradisional Nusantara hasil aransir | Jenis tagihan Perorangan, Kelompok, Bentuk Tagihan » Praktik » Laporan Tertulis | 12 jam pelajaran | · Buku-buku Seni Budaya (Seni Musik) · Kumpulan lagu-lagu non tradisional Nusantara · Alat Musik : » Gitar Organ · Tape, OHP, LCD, VCD music tradisi Nusantara |
KOMPETENSI DASAR | MATA PELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER/BAHAN/ALAT |
· Menyiapkan pertunjukan music di kelas | Pergelaran Musik · Pembentukan Kepanitiaan pergelaran music kelas Kebutuhan sarana prasarana dalam pergelaran music kelas Jadwal, jenis dan pengisi acara pergelaran music kelas | Berdiskusi secara kelompok ; · Mengidentifikasikan penjadwalan pergelaran / penampilan music di kelas · Menentukan kepanitiaan pergelaran / penampilan music kelas · Mengidentifikasi program kegiatan pelaksanaan pertunjukan / pergelaran music di kelas · Mengidentifikasikan jenis acara dalam pertunjukan / pergelaran music dikelas · Mengidentifikasi alat music yang akan digunakan · Menentukan tempat pergelaran / pertunjukan musik · Mengidentifikasi acara dalam pergelaran / penampilan music · Mengidentifikasi acara pergelaran musik vocal dan music instrument · Menentukan acara dan pengisi acara dala pergelaran / pertunjukan music di kelas · Mengidentifikasikan penjadwalan pergelaran / penampilan music di kelas | · Menyusun proposal kegiatan penampilan · Mengidentifikasikan kebutuhan dalam pergelaran / penampilan music · Mengidentifikasikan acara pergelaran musik | Jenis tagihan Perorangan, Kelompok, Bentuk Tagihan » Laporan Tertulis Presentasi | 8 jam pelajaran | · Buku-buku Seni Budaya (Seni Musik) · Kumpulan lagu-lagu tradisional Nusantara · Alat Musik : » Gitar Organ · Tape, OHP, LCD, VCD |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar